The Unifed Modeling Language (UML)

The Unifed Modeling Language adalah seperangkataturan dan notasi untuk spesifikasi sistem perangkat lunak, dikelola dan dibuatoleh Object Management Group. notasi ini menyediakan satu set elemengrafis untuk pemodelan sistem.
Beberapa diagram dari UML adalah
  1. Use Case Diagram
Alat komunikasi tingkat tinggi untuk mewakilipersyaratan sistem. Diagram menunjukkan interaksi antara pengguna danentitas eksternal lainnya dengan sistem yang sedang dikembangkan. Use-casediagram menjelaskan manfaat dari aplikasi jika dilihat dari sudut pandang orangyang berada diluar sistem (actor). Diagram ini menunjukkan fungsionalitas suatusistem atau kelas dan bagaimana sistem berinteraksi dengan dunia luar. Use-casediagram dapat digunakan selama proses analisa untuk menangkap requirements ataupermintaan terhadap sistem dan untuk memahami bagaimana sistem tersebut harusberkerja.Selama tahap desain, use-case diagram menetapkan perilaku dariaplikasi saat implementasi. Dalam sabuah model memungkinkan terdapat satu atu beberapause-case diagram.

  1. Activity Diagram
Menangkap alur dari sebuah sistem, termasuktindakan utama dan poin keputusan. Diagram ini berguna untukmendokumentasikan proses bisnis. Statechart diagram digunakan untuk memodelkanperilaku dinamis satu kelas atau objek. Statechart diagram memperlihatkanurutan keadaan sesaat (state) yang dilalui sebuah objek, Kejadian yangmenyebabkan sebuah transisi dari suatu state atau aktivitas kepada yanglainnya.Statechart diagram khusus digunakan untuk memodelkan tahap-tahapdiskrit dari sebuah siklus hidup objek,sedangkan Activity diagram paling cocokuntuk memodelkan urutan aktifitas dalam suatu proses.

  1. Class Diagram
Class diagram menggambarkan struktur statisdari kelas dalam sistem anda dan menggambarkan atribut, operasi dan hubunganantara kelas. Class diagram dapat membantu dalam memvisualisasikan strukturkelas-kelas dari suatu sistem dan merupakan tipe diagram yang paling banyakdipakai.Class diagram banyak memperhatikan hubungan antarkelas dan penjelasandetail tiap kelas dalam pemodelan desain (dalam logical view) dari suatusistem.Selama proses analisa, class diagram memperhatikan aturan-aturan dantanggung jawab entitas yang menentukan perilaku sistem. Selama tahap desain,class diagram berperan dalam menangkap struktur dari semua kelas yang membentukarsitektur sistem yang dibuat.

  1. Squence Diagram
Squence diagram secara khusus menjabarkansebuah Use Case. Diagram ini menunjukkan sejumlah objek dan pesan yang melewatisuatu objek. Sequence Diagram menjelaskan interaksi objekyang disusun dalamsuatu urutan waktu. Diagram inisecara khusus berasosiasi dengan use-case.Sequencediagram memperlihatkan tahap demi tahap apa yang arusterjadi untukmenghasilkan suatu didalam use-case diagram. Tipe diagram yang digunakan sebaiknyadigunakan diawal tahap desain atau analisis karena kesederhanaannya dan mudahuntuk di mengerti.

  1. Component Diagram
Komponen diagram digunakan untuk menggambarkanbagaimana komponen
suatu sistem yang terhubung bersama di tingkat yang lebih tinggi dari abstraksi
dari diagram kelas. Sebuah komponen bisa dimodelkan oleh salah satu ataulebih kelas. Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antarkomponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) diantaranya.
Komponen piranti lunak adalah modul berisi code, baik berisi source code maupunbinary code, baik library maupun executable, baik yang muncul pada compiletime, link time, maupun run time. Umumnya komponen terbentuk dari beberapaclass dan/atau package, tapi dapat juga dari komponen-komponen yang lebihkecil.
Komponen dapat juga berupa interface, yaitu kumpulan layanan yang disediakansebuah komponen untuk komponen lain.

  1. Deployment Diagram
Adalah model arsitektur runtime dari sistemdalam pengaturan dunia nyata. Mereka menunjukkan entitas bagaimanaperangkat lunak diterapkan ke perangkat fisik. Deployment/physical diagrammenggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem,di mana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa),bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, danhal-hal lain yang bersifat fisikal
Sebuah node adalah server, workstation, atau piranti keras lain yang digunakanuntuk men-deploy komponen dalam lingkungan sebenarnya. Hubungan antar node(misalnya TCP/IP) dan requirement dapat juga didefinisikan dalam diagram ini.
  1. State Machine Diagram
transisidari objek tunggal dalam menanggapi peristiwa.
  1. Interaction Overview Diagrams
Merupakan pencangkokan dari Activity Diagramdan Squence Diagram. Disini berupa squence diagram yang dipecah menggunakannotasi activity diagram untuk menunjukkan aliran kontrol
  1. Communications Diagram
Mendeskripsikan kumpulan objek yangberinteraksi untuk menjalankan suatu tingkah laku dalam sistem.

Komentar

  1. Do you realize there is a 12 word sentence you can speak to your crush... that will trigger deep feelings of love and instinctual appeal to you buried inside his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, please and guard you with his entire heart...

    ===> 12 Words Will Fuel A Man's Desire Impulse

    This instinct is so built-in to a man's brain that it will drive him to try better than ever before to love and admire you.

    In fact, triggering this all-powerful instinct is absolutely mandatory to having the best ever relationship with your man that once you send your man a "Secret Signal"...

    ...You'll instantly find him open his heart and mind for you in a way he haven't expressed before and he will distinguish you as the only woman in the galaxy who has ever truly attracted him.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

strategi pengujian perangkat lunak