Aliran Sistem Informasi





ASI Lama





















Permasalahan :
Terdapat beberapa hal yang membuat sistem tidak efisien. Kekurangan itu terlihat dengan adanya pembuatan rapor siswa yang dilakukan secara satu persatu dan pembuatan rekapitulasi data nilai siswa yang juga proses pembuatannya lama.


     ASI Baru



ASI Baru
1. Pada ASI baru ini, saya mengusulkan untuk meniadakan proses pengisian formulir secara manual. Karena proses tersebut dapat kita gabung dengan proses entry data yang baru (secara komputerisasi), dimana pada ASI sebelumnya proses pengisian formulir dan proses pencatatan data siswa baru masih terpisah, sehingga kurang efektif dan efisien. Jika kita bawakan ke “real world”, maka kita dapat menghemat kertas, pulpen, dll.
2. Data siswa baru dan lap. Pembayaran pendaftaran dapat disimpan dalam data base, agar tidak hilang dan dapat tersimpan dalam jangka waktu yg lama. Serta dapat berguna untuk pelaporan kepada kepala cabang dan akademik.
3. Proses bimbingan dan penghitungan nilai semester siswa kita komputerisasikan karena penghitungan nilai rapor (semester) membutuhkan proses yang teliti dan proses tersebut cukup rumit jika dilakukan secara manual.
4. ASI baru yang diusulkan ini masih merupakan tahap pengembangan. Karena menurut saya,  dalam mengembangkan sistem kita perlu memperhitungkan faktor:
    a.       Biaya
    Pengembangan ASI perlu memperhitungkan biaya, karena bisa jadi sistem baru yang akan dibuat membutuhkan biaya yang sangat mahal.
    b.      Efisiensi dan efektivitas
    Faktor ini perlu dipertimbangkan karena sistem baru yang akan dibuat bisa jadi tidak dapat mengatasi permasalahan sistem yang lama, dan kurang begitu user friendly, sehingga membutuhkan proses pelatihan bagi para penggunanya nanti.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    strategi pengujian perangkat lunak